Ini Kunci Mengelola Bisnis Ritel Baru Anda

Bayangkan, Anda sudah memilih tempat yang strategis untuk membuka bisnis retail baru. Bahan-bahan sudah di-stok secukupnya, karyawan juga sudah diberi tahu bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik dan benar. Anda pun sudah menyiapkan promo menarik sehingga banyak pelanggan baru yang datang ke toko atau outlet Anda.

Namun dari hari pertama usaha berjalan, banyak pemilik bisnis ritel yang menemukan bahwa realitanya tidak semudah yang mereka bayangkan. Meski sudah diantisipasi, tetap saja ada pelanggan yang komplain karena harus mengantri lama atau standar pelayanan tidak sesuai dengan harapan pelanggan, stok barang habis di tengah-tengah berjualan, dan berbagai permasalahan lainnya yang sebenarnya dapat dicegah dengan perencanaan yang matang.

Pada artikel ini, kami membahas pentingnya manajemen ritel dalam bisnis Anda, juga perlunya alat komunikasi seperti handy-talkie (HT) TalkAbout untuk memastikan manajemen ritel diterapkan dengan baik dalam operasional keseharian. Selain itu, kami juga menyertakan langkah-langkah yang wajib dilakukan, serta beberapa strategi efektif agar bisnis Anda dapat menggaet lebih banyak pelanggan setia.

Pengertian & Fungsi Manajemen Ritel dalam Bisnis

Manajemen ritel mengacu pada berbagai proses yang membantu pelanggan mendapatkan barang dagangan yang diinginkan dari toko ritel Anda untuk penggunaan akhir mereka. Singkatnya, manajemen ritel mencakup semua tahapan yang diperlukan mulai dari menarik pelanggan ke toko Anda hingga memenuhi kebutuhan pembelian mereka.

Manajemen ritel juga membuat berbelanja menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan sehingga para pelanggan Anda akan pulang dengan puas. Dengan kata lain, manajemen ritel membantu pelanggan berbelanja tanpa mengalami kesulitan.

Sebelum membahas tentang contoh penerapan manajemen ritel, pastikan Anda membekali staf Anda dengan alat komunikasi yang memudahkan mereka dalam berkoordinasi dan merespon kebutuhan pelanggan. Dalam konteks ritel, handy-talkie (HT) masih menjadi raja karena panggilan dapat dilakukan tanpa biaya tambahan serta kualitas suaranya yang lebih jernih dan bebas gangguan sinyal.

TalkAbout: Solusi Komunikasi Bisnis Ritel Terkini

TalkAbout adalah salah satu produk unggulan dari Motorola, penyedia solusi komunikasi yang inovatif dengan pengalaman lebih dari 90 tahun. Di Indonesia, seri TalkAbout yang populer adalah T60 dan T62.

Perbedaan utama antara T60 dan T62 terletak pada jumlah channelnya (8 untuk T60 dan 16 untuk T62). Kedua seri ini memiliki jangkauan hingga 8 km — cukup untuk menghubungkan seluruh staf bisnis ritel pada umumnya.

Contoh Penggunaan TalkAbout dalam Bisnis Ritel

Dengan HT TalkAbout, manajer toko bisa menyusuri lorong sambil menanyakan stok barang kepada karyawan di bagian gudang tanpa terkendala telepon putus akibat minim sinyal. Jika ada permasalahan di bagian mesin register, kasir dapat berkomunikasi melalui TalkAbout tanpa terkesan tidak profesional (dibandingkan menggunakan HP biasa) di mata pelanggan.

Praktik Manajemen yang Wajib Dilakukan Semua Retailer

Berikut adalah beberapa best management practice yang dapat Anda terapkan dalam usaha eceran Anda. Dalam menerapkan praktik-praktik di bawah ini, Anda akan perlu sering berkoordinasi dengan karyawan Anda.

  • Simpan catatan semua produk yang masuk ke toko. Berikan kode SKU (Stock Keeping Unit) unik untuk masing-masing produk agar mudah dilacak. Pelanggan akan enggan berkunjung jika stok barang di toko Anda sering habis.
  • Kategorikan produk-produk menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari produk serupa. Pengelompokkan ini akan memungkinkan pelanggan untuk berjalan ke kategori tertentu dan menemukan produk tanpa banyak bantuan.
  • Ciptakan dekor yang menarik dan rotasikan barang dagangan yang dipajang di rak. Hal ini akan menarik perhatian calon pembeli yang lewat dan membuat pelanggan sering kembali untuk melihat produk-produk terbaru.
  • Manajer toko, kasir, dan semua karyawan harus dilatih dari waktu ke waktu untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Mereka harus menyadari peran dan tanggung jawab masing-masing serta memiliki orientasi pada pelanggan.
  • Manajer toko harus membuat laporan penjualan harian untuk melacak arus kas. Berbagai aplikasi POS (Point of Sales) dapat Anda gunakan untuk memudahkan proses ini.
  • Pastikan karyawan Anda melayani setiap pelanggan dengan baik. Jangan biarkan mereka menunggu. Sambut tiap pelanggan dengan senyum bahkan jika mereka tidak jadi berbelanja sekalipun.
  • Jika toko Anda menerima penukaran barang, minta pelanggan untuk menunjukkan struk pembelian. Tetapkan juga batas waktu untuk penukaran, misalnya dalam waktu seminggu sejak produk dibeli.

Tips: Meski kedua tangan sedang sibuk, komunikasi tetap dapat berjalan intens dan lancar dengan aksesoris belt clip dan handsfree bawaan TalkAbout.

Sumber: Unsplash.

5 Strategi Manajemen Retail yang Sudah Terbukti Sukses

Setelah memastikan operasional keseharian usaha Anda sudah berjalan lancar dengan Motorola TalkAbout, waktunya Anda memikirkan cara untuk menarik lebih banyak pelanggan setia. Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa strategi yang sudah sukses diterapkan banyak retailer dan menjadi keunggulan tersendiri bisnis mereka.

  • Personalisasi adalah tren yang sedang berkembang. Adakah cara untuk membiarkan pelanggan “menciptakan” produk mereka sendiri dengan mix and match dan taktik lainnya?
  • Dukung upaya (cause) yang mulia, misalnya pelestarian alam atau pemberdayaan kaum minoritas. Ini terbukti dilakukan banyak perusahaan lainnya yang sukses, karena pembeli semakin ingin menyejajarkan diri dengan bisnis yang fokus menjadi etis dan nyata.
  • Fokus pada komunitas. Bisakah Anda mengadakan kelas atau acara untuk komunitas tertentu agar mereka datang ke toko Anda?
  • Sudahkan Anda menjual lewat berbagai saluran atau channel? Sebuah studi terhadap 46.000 orang menemukan bahwa 73% responden membeli secara online dan offline (di dalam toko) dalam perjalanan belanja mereka dan mereka lebih loyal serta membeli lebih banyak produk.
  • Permudah pelanggan untuk berpartisipasi dalam program loyalitas Anda. Dan jika usaha retail Anda masih menggunakan kartu fisik, bantulah diri Anda (dan pelanggan Anda) dan beralihlah ke solusi digital.

Apakah Anda memiliki tips dan trik lainnya yang sudah berhasil Anda terapkan dalam bisnis Anda? Silakan bagikan ke pembaca lainnya beserta artikel ini. Selamat mencoba!

#BisnisRetail #Manajemen #StrategiBisnis #FungsiManajemenBisnis